SEGITU PETSHOP BALARAJA TANGERANG
Jl. Raya Serang Km. 24, Talagasari, Balaraja, Tangerang 15610
(Dekat Masuk Tol Balaraja Barat)
Telp : 08121356176 / 081584661122 Pin BB : 5399E17F


SEGITU PETSHOP KRAMAT JATI, JAKARTA TIMUR
Kampung Kramat No.35 RT.009/015 Kel. Cililitan, Kec. Kramat Jati, Jakarta 13640
(Depan Pasar Kramat Jati)
Telp : 08987506309 Pin BB : 5FDFFA26

TENTANG HAMSTER

Hamster adalah binatang malam, sama seperti kuskus. Waktu siang dipergunakan untuk tidur dan pada malam hari dipergunakan untuk bermain dan berkembang biak, di habitats aslinya hidup dipadang gurun, suka dalam kegelapan, berumah didalam tanah dan mencari makanan pada malam hari. Hamster takut bayangan, maka disarankan beternak hamster penerangannya menggunakan lampu bohlam 5 watt           

Hamster dapat kawin dengan hamster2 jantan lainnya sepanjang mereka “sama-sama suka”. Hamster betina akan lebih sensitive (galak) dari sebelumnya apabila hamster tersebut mengandung, merasa terancam, kaget,sakit  Menyentuh hamster sebaiknya tidak dari atas karena tangan anda pasti digigit disangka ancaman buat dirinya, ambilah dari bawah setelah hamster merasa nyaman baru pegang-pegang kepalanya tidak apa-apa           
 
Sifat-sifat hamster lain dengan tikus Hamster bukan Tikus/keturunan, hamster bisa kentut seperti halnya manusia, sebenarnya bukan kentut tapi bau itu disebabkan oleh kelenjar bau yang ada di tubuh hamster.(ini terjadi bila hamster panik), Umur Hamster menurut sumber max 3 taun. Sedangkan masa produktive untuk betina dapat beranak sampai 20 kali kelahiran dalam 1 taun, jadi 1 hamster betina jika rata-2 beranak 8 ekor maka dia dapat melahirkan bayi sebanyak 20 X 8 = 160 ekor bayi pertaun. Kalau indukan hamster anda 20 ekor maka totalnya = 3200 ekor hamster, tapi biasanya teori meleset dan semua bergantung dari bagaimana anda merawat, memberi makannya, jenis indukannya.           

Hamster adalah hewan “pengerat”, tapi maksudnya disini dia mengerat sesuatu untuk mengasah giginya, termasuk mengigit-gigit kawat tetapi kawat tidak sampai rusak.Kok punyakurusak? Rusaknya kawat kandang kebanyakan karen pipisnya (pipis hamster berbahaya untuk barang2 mengandung metal,emas, dan barang2 elektonik)  dan Hamster takut air jadi jangan dimandiin ya, Hamster kalau mandi cukup anda pindahkan ketempat /kandang khusus yang sudah diberi pasir Hamster dan biarkan dia mandi.

MERAWAT HAMSTER:      
  • Usahakan kandang selalu bersih dan kering. Gunakan pasir,serutan kayu atau butiran batu yang biasa dijual di tempat penjualan hamster sebagai alasnya. Serutan kayu ini berguna untuk mengeringkan kandang dari air kencing dan menghilangkan bau air kencing itu sendiri. Kalau saya lebih suka memakai serutan kayu. Selain itu serutan kayu ini dipakai untuk mengubur makanan, atau bayi hasmter jika mempunyai anak.
  • Ganti serutan kayu setiap seminggu sekali atau jika sudah sangat bau dan kotor. Setelah seminggu atau dua minggu, serutan kayu akan terlihat kotor karena bercampur dengan kotoran dan sisa makanan. Jika mau sedikit repot, pasir yang sudah terpakai bisa dicuci, dikeringkan, dan dipakai ulang, cucilah, pasir bekas pakai tadi direndam dulu agar kotoran dan sisa makanan mengambang sehingga mudah untuk dibuang dan dipisahkan dari pasirnya.Setelah itu dijemur agar cepat kering.     
  • Beri makanan dan minuman yang cukup. Untuk minuman, sesuai saran penjualnya, jangan beri air langsung, tetapi beri kecambah (tauge), timun,atau buah yang berair setiap pagi dan sore. Dengan demikian, kandang bisa terus kering sepanjang hari. Banyak orang memberi minum dengan air sehingga kandang menjadi basah dan hamster mudah sakit dan mati.     
  • Tambahkan makanan baru hanya jika makanan yang sudah ditaburkan atau disediakan di tempat makanan sudah habis termakan. Ini untuk menjaga kebersihan agar tidak banyak sisa makanan berserakan di dalam kandang.