SEGITU PETSHOP BALARAJA TANGERANG
Jl. Raya Serang Km. 24, Talagasari, Balaraja, Tangerang 15610
(Dekat Masuk Tol Balaraja Barat)
Telp : 08121356176 / 081584661122 Pin BB : 5399E17F


SEGITU PETSHOP KRAMAT JATI, JAKARTA TIMUR
Kampung Kramat No.35 RT.009/015 Kel. Cililitan, Kec. Kramat Jati, Jakarta 13640
(Depan Pasar Kramat Jati)
Telp : 08987506309 Pin BB : 5FDFFA26

CARA MENGAWINKAN HAMSTER

Setelah asiik dan hobyy mengkoleksi dan memelihara hamster kebanyakan dan kebiasaan hamster mania akan mempunyai ide dan pemikiran untuk beternak hingga hamsternya menjadi banyak, bagaimana cara mengawinkanya agar menghasilkan hamster junior yang sehat dan lincah, gampang saja yaitu dengan cara menyatukan hamster dalam satu kandang antara hamster jantan dan hamster betina betina dengan usia hamster 4 - 8 bulan, satukan keduanya dan perhatikan antara kedua hamster tersebut cocok atau tidaknya, apabila tidak cocok dan saling berkelahi pisahkan terlebih dahulu dan kemudian satukan lagi agar merasa cocok,,,, dan apabila tidak cocok juga berarti kurang jodoh sepertinya. Hamster yang sudah cocok biasanya tidak berantem dan saling mengasihi seperti halnya manusia, saling bercanda dan saling bercumbu.   

Apabila hamster merasa cocok siapkan kandang yang layak untuk mengawininya siapkan fasilitas kandang yang baik 50 x 30 cm jangan terlalu besar, kandang ini berfungsi untuk proses perkawinan, buatlah kandang senyaman mungkin dan usahakan rada gelap, siapkan makanan dan minumannya, serta fasilitas olah raga dan mainanan secukup mungkin karna hamster yang dikawinkan tidak suka diganggu, perkawinan hamster memerlukan waktu 2 - 6 hari, dan melahirkannya memakan waktu 15 - 20 hari, menghasilkan 4 - 8 ekor bayi hamster. 

Ciri - ciri jika hamster sudah hamil 
  • Hamsternya semakin hari tampak membesar / buncit (betina).
  • Hamster betina akan galak dan sensitif dan agresif dengan lainya.
  • Lebih banyak makan dan minum dan sukanya menggigit bila terancam.
  • Terkadang ada sedikit pendarahan dan terlihat puting susunya.
Jika ciri -ciri hamster seperti yang diatas maka yang harus dilakukan adalah
  • Pisahkan sang betina dari hamster lainya.
  • Buatlah kandang khusus untuk bersalin/melahirkan,
  • siapkan sebuah bahan atau serbuk kayu untuk melahirkanya didalam kandang.
  • Berikan makanan yang bernutrisi dan bergizi sehat, agar bayinya sehat, dan untuk mengurangi keguguran atau kwalitas bayi hamster tidak sehat.
Setelah hamster melahirkan yang harus dilakukan.
  • Siapkan makanan untuk sang betina yang lebih bergizi, karna sang betina akan menyusui.
  • Jangan sampai sang betina kelaparan (karna hamster mempunyai sifat kanibal, maka dari ibu kalau bisa banyakkan makananya.
  • Jika ingin memberikan makanan baiknya menggunakan sarung tangan / sendok / bagaimana caranya agar tidak mengenai sang betina dan bayinya.
  • Jangan sering dilihat apalagi dipegang-pegang selama bayinya belum tumbuh bulu.
Setelah si bayi berumur 3 minggu sudah boleh dipisahkan dengan ibunya. berikan jeda waktu sekitar 1-2 minggu agar si ibu bisa beristirahat memulihkan staminanya.setelah itu boleh dicampur lagi dengan pejantan dan mainannya juga boleh dimasukkan kedalam kandangnya. Tapi ingat jangan sekali-kali mencampur bayi yang berumur 3 minggu tersebut dengan kedua induknya sebab sipejantan bisa saja membunuh anak-anaknya dan memakannya. Biasanya setelah sibetina dicampur lagi dengan pejantannya, dia bakal hamil lagi dalam kisaran 2 minggu berikutnya.