SEGITU PETSHOP BALARAJA TANGERANG
Jl. Raya Serang Km. 24, Talagasari, Balaraja, Tangerang 15610
(Dekat Masuk Tol Balaraja Barat)
Telp : 08121356176 / 081584661122 Pin BB : 5399E17F


SEGITU PETSHOP KRAMAT JATI, JAKARTA TIMUR
Kampung Kramat No.35 RT.009/015 Kel. Cililitan, Kec. Kramat Jati, Jakarta 13640
(Depan Pasar Kramat Jati)
Telp : 08987506309 Pin BB : 5FDFFA26

BURUNG DARA MERPATI

Burung dara lebih dikenalnya burung merpati, dengan mempunyai keistimewaan bisa pulang sendiri kesangkarnya atau kekandangnya, burung ini juga dapat mengerti oleh manusia dan menjadi mainan bagi anak-anak, atau dapat dijadikan makanan bagi para pecinta kuliener. Dasar dan warna burung dara beragam warna warni yang menghiasi tubuhnya sifat jinak dan giring kandang atau lawan jenisnya menjadikan banyak diminati.  

Burung dara ini masih familiar dengan burung merpati bentuk tubuh dan bulunya satu ras dengan merpati, mempunyai kecepatan terbang yang tinggi bagai elang serta mempunyai kecepatan terbang menukik yang akrobatik. Burung merpati adalah type burung yang dapat di liarkan atau di dapat di lepas serta akan kembali ke kandangnya sendiri. burung merpati juga terhitung type burung yang gampang dirawat. serta untuk melacak merpati lalu bukan hanya perihal yang sukar, karena merpati banyak dijual di pasar burung di indonesia. sebelum kita beternak burung merpati, alangkah baiknya kita pelajari cara beternak burung merpati dan pilih induk merpati yang unggul supaya menghasilkan keturunan yang unggul pula. 

Burung Dara atau merpati ini biasanya berkisar 75.000 sampai dengan 200.000 (sepasang) pilihan berpasangan antara jantan dan betina merupakan pemeliharaan burung yang benar, pilihlah 2 ekor atau sepasang gar burung tidak kesepian.

Memelihara burung merpati pada tahap awal memerlukan tindakan yang benar termasuk juga dalam hal penerapan cara agar burung merpati mau menghuni rumahya, tentunya sangat menyedihkan jika burung dara kesayangan yang telah kita beli dengan segala perjuangan, mengeluarkan biaya mahal, ternyata hilang begitu saja karena ketika dilepas tidak mau kembali ke kandang, padahal kandang tersebut  telah kita siapkan dengan susah payah dan desain sebagus mungkin. disini BurungDara.com memberikan tips untuk mengatasi hal ini, semoga bermanfaat bagi yang sedang mulai beternak burung merpati.

Menurut sejarah, seseorang yang pertama kali memanfaatkan merpati sebagai pembawa pesan seseorang zaman dahulu menggunakan merpati untuk mengirimkan surat di sekitar kerajaannya.  Biasanya, surat atau pesan digulung dan dimasukkan ke dalam kapsul plastik pelindung kemudian diselipkan di antara kaki merpati. Selama periode perang dunia pertama (1914-1918) merpati pos sering digunakan sebagai media komunikasi pasukan Amerika. Sebelum mengirimkan surat, merpati-merpati harus dilatih terlebih dahulu. Ada tiga hal yang harus dipelajari oleh merpati pos yaitu static, mobile dan boomerang. Dalam static, merpati akan mempelajari bagaimana mengenali perintah seseorang dalam suatu wilayah kecil. Lalu, dalam mobile, merpati akan dilatih untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Dan, dalam boomerang merpati dilatih untuk mengirimkan dan mengembalikan pesan. Merpati-merpati tersebut dilatih oleh seorang pelatih khusus. Untuk menjadi merpati pos ternyata sangat sulit. Selain harus terus-menerus berlatih, mereka juga makan makanan khusus, yaitu campuran kalium karbonat dan minyak ikan. Campuran itu seperti vitamin yang bisa membuat merpati-merpati menjadi kuat dan mudah di latih.