SEGITU PETSHOP BALARAJA TANGERANG
Jl. Raya Serang Km. 24, Talagasari, Balaraja, Tangerang 15610
(Dekat Masuk Tol Balaraja Barat)
Telp : 08121356176 / 081584661122 Pin BB : 5399E17F


SEGITU PETSHOP KRAMAT JATI, JAKARTA TIMUR
Kampung Kramat No.35 RT.009/015 Kel. Cililitan, Kec. Kramat Jati, Jakarta 13640
(Depan Pasar Kramat Jati)
Telp : 08987506309 Pin BB : 5FDFFA26

BUDIDAYA KUCING ANGGORA PERSIA

Dikenal dengan kucing berbulu lebat dan lucu yang bisa menghasilkan jutaan rupiah jika di kembangbiakkan, Persia atau Anggora termasuk salah satu jenis hewan yang tergolong mahal, alternatif memelihara hewan manja selain anjing kebanyakan orang berganti dengan hewan sejenisnya seperti Kucing, para cats lover yang senang memelihara kucing semakin hari semakin mempunyai tujuan untuk mengembangbiakkannya, bagaimana tidak jika setiap 6 bulan sekali kebiasaan kucing melakukan perkawinan.

Cara merawat kucing tidaklah sulit, tetapi tetap saja butuh perhatian lebih agar kwalitas kucing menjadi baik, mengenai makanananya harus memiliki kandungan nutrisi yang seimbang supaya tidak berdampak buruk pada perkembangannya, biasanya makanannya tersedia di supermaket dan petshop terdekat, jenis makanan kucing layaknya makanan anak kecil, ada yang kering garing seperti chiki, ada yang basah seperti bubur dan ada juga yang jenis daging / ikan asli yang mentah. kalau mau lebih memanjakan kucing berikan susu sapi asli atau seminggu sekali agar hemat. Banyak yang beranggapan memberi makan kucing secukupnya hanya untuk memberikan nutrisi kepada kucing, tetapi jika memberi makan berlebih bagi penulis sangatlah baik, karena kalau kita makan kurang kenyang aja ... kurang indehoooy gitu.. hahahaha... tetapi jangan berlebihan juga karna nanti akan terjadi obesitas / kekenyakan yang mengakibatkan muntahnya kucing dan seringnya buang air / PUP yang membuat bauuuuu...

Cara menjaga agar kucing sehat sangat mudah, mandikan kucing seminggu sekali boleh sesekali di berikan minyak telon pada bulu kucing agar hangat dan ini juga dapat menyehatkan kucing serta menghindari dari kutu kucing yang sering mengganggu, wajib bersihkan kandangnya dari berbagai kotoran pup atau kencingnya, potong kukunya kalau sudah panjang, berikan bedak khusus bulu kucing agar menjadi lebat (hal ini dilakukan apabila ingin bulu kucing bagus) jangan lupa di sisirin kucingnya biar GANTENG.

Di usia 6 bulan sekor kucing baiknya diberikan kekebalan tubuh VAKSIN atau disuntik sehat, hal ini membuat kekebalan tubuh kucing menjadi sehat dan prima, seperti halnya bayi di imunisasi di posyandu, tapi kalau kucing di dokter kucing atau di petshop yang sudah ahlinya.

Untuk mengawinkan kucing,  satukan kucing betina atau jantan ditempat agak luas agar lebih leluasa untuk ber KIMPOY ria, kucing biasanya dikawinkan pada masa subur atau dalam masa keduang pada Birahi, jenis kucing mau kawin biasanya ditandai seringnya mengeluarkan suara / menggeong-ngeong dan berguling-guling layaknya manja, masa birahi betina terjadi selama 2 – 4 hari dan akan ber ulang setiap 2 minggu sekali.  Masa birahi jantan terjadi sepanjang tahun selama kucing tersebut sehat. Kucing betina sudah bisa dikawinkan setelah ber umur 1 tahun atau terkadang ada juga yang 8 bulan sudah mulai mau kawin. Kucing jantan siap untuk dikawinkan setelah umur 1,5 tahun dan terkadang ada yang 1 tahun juga sudah bisa, yang terpenting jika ingin mengawinkan kucing, kucing betina dan jantan harus dalam keadaan sehat tidak kutuan, jamuran, dan berpenyakitan, usahakan perkawinan kucing masih dalam satu ras, hal ini untuk menjaga keaslian kucing.

Kalau sudah kawin biasanya kucing betina hamil, Tanda-tanda kucing sedang Hamil, terlihatnya putting susu mulai membesar, kulit disekitar putting susu berwarna merah muda,   Bulu-bulu disekitar putting susu menipis bahkan ada juga yang bulunya menjadi rontok, Perutnya akan Nampak membesar hingga terjadi kelebihan berat badan, kotorannya biasanya lebih bau dari biasanya, malas bergerak maunya tidur-tiduran dan santai, sedangkan masa kehamilan kucing biasanya 2 bulan.

Jika mendekati persalinan atau kucing mau melahirkan, bersiaplah para pemilik kucing menyiapkan segala sesuatunya untuk persalinan kucing, buatlah kandang agar teraha lebih hangat, jika kebetulan pemilik kucing menyaksikan detik-detik kucing melahirkan, bantulah kucing tersebut untuk memotong tali pusar anaknya, dan berikan Resep Tradisional Nenenk Moyang kita untuk diminumkan kepada kucing yang baru melahirkan, berikan campuran Susu, Telor Ayam Kampung dan Madu diaduk rata dan buat sang induk agar lebih kuat setelah persalinan (resep ini boleh di coba atau tidak juga tidak mengapa), terpenting ketika mempunyai baby kucing biarkan induknya yang merawat sampai dewasa, dalam perhatian ketika induknya kurang asupan ASI pemilik boleh sesekali campur tangan untuk memberikan susu untuk anaknya jika sang induk kehabisan susu atau sang induk tidak mau memeliharanya.

Bersambung....